Permainan pemanasan PJOK - Hitam Hijau

Permainan pemanasan pada PJOK Hitam Hijau - Guru yang kekinian tentunya akan mengajar peserta didiknya dengan cara seefektif dan ae inovatif mungkin. Pembelajaran PJOK sangat menarik bila kita sebagai guru dapat mengemas model-model pembelajaran dengan memhembangkan kreatifitas kita. Kreatifitas itu tidaklah sulit. Hanya kita saja yang harus siap san berani merubah pola pikir kita untuk mengemas pembelajaran kita secara lebih baik.
Gambar : Pemanasan

Permainan pemanasan pada materi PJOK merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Para guru di abad modern ini sudah sangat banyak yang mengaplikasikannya pada aetiap pembelajaran yang telah dijalankan. Berikut akan saya tampilkan salah satu permainan pemanasan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Yaitu permainan hitam dan hijau.

Permainan hitam dan hijau ini merupakan permainan pemanasan PJOK uang sangat sederhana dan sangat mudah dilaksanakan. Tata caranya yaitu sebagai berikut :
  1. Siapkan peserta didik anda, pastikan mereka sudah siap untuk mengikuti pembelajaran.
  2. Bentuk barisan menjadi 2 banjar. (2 ke belakang)
  3. Ambil jarak antara barisan secukupnya
  4. Jarak peserta didik dalam kelompoknya masing- masing pada umumnya yaitu selebar rentangan tangan masing-masing peserta didik
  5. Jarak antar banjar/kelompok kira- kira 2 meter.
  6. Tentukan nama dari setiap banjar tersebut (hitam/hijau)
  7. Buat kelompok tersebut saling berhadap-hadapan
  8. Berikan batas daerah bebas sejauh 10 meter dihitung mulai belakang kelompok masing-masing.
  9. Bilamana guru menyebut kata Hijau, maka kelompok hijau akan dikejar kelompok hitam. Begitupun sebaliknya
  10. Kelompok yang dikejar akan berada pada posisi aman/bebas bila berada daerah bebas (setelah10 meter dibelakang daerahnya)
  11. Anggota kelompok dinyatakan gugur, bilamana berhasil tersentuh kelompok lawan sebelum masuk daerah bebas.
  12. Bagi anggota kelompok yang gagal menangkap dan anggota kelompok yang tertangkap maka diberi hadiah berupa push up/squat jump 5 kali agar lebih seru.


Demikianlah tata cara permainan Hitam dan hijau yang dapat anda laksanakan pada pembelajaran PJOK di sekolah anda. Semoga nermanfaat. Kurang lebihnya mohon di lengkapi pada kolom komentar terimakasih salam PJOK.

0 Response to "Permainan pemanasan PJOK - Hitam Hijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel