Permainan pemanasan - kucing dan tikus

Permainan pemanasan PJOK - kucing dan tikus -  Berbicara tentang jenis-jenis permainan pada pemanasan PJOK memang ridak akan ada habisnya. Tinggal bagaimanakah kita sebagai guru mampu menggunakan bentuk permainan tersebut ke dalam proses kegiatan pembelajaran.
Gambar : Ilustrasi Game pemanasan PJOK

Permainan kucing dan tikus merupakan permainan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua bukan? Nah bilamana anda masih belum paham terkait permainan ini berarti anda sangatlah pas bila membuka halaman ini karena akan dijelaskan beberapa langkah mengenai tata cara permainan ini.

Dilihat dari namanya saja pasti sudah ada bayangan bukan? Kucing dan tikus merupakan dua hal yang bertentangan atau tidak akur. Namun dalam kaitannya permainan ini adalah permainan kejar-kejaran.

Permainan ini dapat dilakukan oleh beberapa peserta didik. Katakanlah Minimal adalah 7 orang. Karena permainan ini harus membentuk lingkaran dan memilih 2 peserta didik untuk menjadi kucing dan tikusnya. Berikut lebih lengkapnya silakan disimak baik- baik :
  1. Siapkan para peserta didik anda.
  2. Pilihlah 2 peserta didik yang memiliki kemampuan lari yang hampir seimbang (kedua peserta didik ini akan menjadi kucing dan tikus)
  3. Kondisikan peserta didik anda selain kedua anak tadi untuk membentuk sebuah lingkaran dengan tangan saling bergandengan/berkaitan, tidak boleh putus.
  4. Tempatkan salah satu peserta didik anda yang telah ditunjuk memerankan tikus di dalam lingkaran, sedangkanbkucing berada di luar lingkaran.
  5. Berikan aba-aba berupa peluit misalnya sebagai tanda bahwa permainan telah dimulai. Dengan demikian kucing berusaha mengejar tikus yang berada dalam lingkaran.
  6. Fungsi lingkaran tersebut adalah sebagai benteng penghalang yang dimiliki oleh tikus. Jadi lingkaran harus berusaha melindungi tikus, dan kucing harus berusaha untuk dapat menggapai kucingvyang di dalam lingkaran.  
  7. Bilamana kucing berhasil masuk lingkaran, maka sesegera mungkin tikus harus berusaha menghindar dan keluar dari lingkaran tersebut (lingkaran harus memberi jalan tikus, dan menghalau kucing agar tidak bisa keluar dari lingkaran)
  8. Bilamana lingkaran putus/rusak/ada yang terlepas, konsekuensinya adalah para peserta didik yang menjadi kingkaran tersebut harus mendapat hadiah berupa lari putar lapangan satu kali, atau push up 5 kali.
  9. Permainan ini akan leboh menarik nila di iringi dengan nyanyian anak-anak (kucing dan tikus)

Bagaimana sudah jelas bukan? Sekarang silakan coba praktikan kepada anak didik anda masing-masing di tempat tugas. Permainan ini sangatlah cocok sebagai permainan pemanasan untuk materi atletik, kelincahan. Permainan ini dapat dikembangkan lagi dengan gerak manopulatif misal kucing harus meraih nola yang dibawa tikus, dan sebagainya tergantung kebutuhan dan kreativitas sang pendidik.

Demikian semoga bermanfaat, kuramg lebihnya silakan tuliskan di kolom komentar. Tetap semangat, tetap kreatif, jangan berhenti berimajinasi dan berkarya. Salam PJOK

0 Response to "Permainan pemanasan - kucing dan tikus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel