Pembelajaran Kontekstual - Pembelajaran PJOK dengan Kegiatan Perayaan Harlah Kemerdekaan RI 17 Agustus

Pembelajaran Kontekstual - Pembelajaran PJOK dengan Kegiatan Perayaan Harlah Kemerdekaan RI 17 Agustus ~ Mindset pembelajaran PJOK sebagaimana kita ketahui merupakan gerak, gerak dan bergerak. Bergerak untuk belajar bukan belajar untuk bergerak. Nah, menarik bukan? Tentunya hal ini bukan menjadi sesuatu yang asing lagi bagi kita semua apalagi para kalangan pendidik khususnya guru PJOK.
Gambar : Pembelajaran PJOK

Seperti kita ketahui bersama. Bahwasannya setiap bulan Agustus merupakan nomen yang sangat istimewa, sangat krusial, dan dinanti-nantikan oleh khalayak ramai terkhusus seluruh Warga Republik Indenesia tercinta ini. Bulan ini memiliki arti yang sangat mendalam tentang kisah perjalanan bangsa ini. Hari kemerdekaan lah yang telah diproklamasikan oleh pendahulu sekaligus pelopor kemerdekaan negeri kita yaitu Bapak Ir. Soekarno di tanggal 17. Dari itu angka 17 ini menjadi angka yang krusial dan mengandung makna yang sangat historis.

Bulan Agustus disini tentunya sekolah-sekolah sedang proses adaptasi dengan beberapa lingkungan barunya. Karena bulan ini masih segar, masih terasa nuansa tahun ajaran Baru.

Kita sebagai pendidik khususnya Mata pelajaran PJOK senantiasa tetap menjalankan amanah, yaitu tugas mengajar anak didik kita. Dari ini kita sebagai guru yang cerdas pada era globalisasi ini harusnya bisa membawa nuansa Agustusan ini ke dalam materi yang alan kita ajarkan. Bagaimana? Menarik bukan?

Sebagai contoh berikut merupakan beberapa lomba agustusan uang bisa kita sinkronkan dengan strategi, atau referensi yang bisa kita kaitkan dengan materi pelajaran PJOK edisi Agustusan :
  1. Materi atletik : manfaatkan karung sebagai media pembelajaran. (Bisa untuk nomor lari maupun lompat)
  2. Permainan bola besar : bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi, seperti tata cara berpakaiannya atau kostumnya, bolanya, dan lain sebagainya tergantung situasi dan kondisi di sekolah 
  3. Kebugaran jasmani : manfaatkan tambang untuk event kecil-kecilan yaitu tarik tambang. Kegiatan ini akan melatih kekuatan lengan, sangat pas untuk materi kebugaran jasmani (kondisi fisik)
  4. Materi aktivitas ritmik : tugaskan kepada para peserta didik anda untuk membuat koreografi tentang gerakan senam yang tentunya kontekstual dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI.


Demikianlah beberapa referensi terkait bagaiamana kita bisa mengaitkan momentum yang sangat bersejarah ini dengan tugas kita sebagai guru yaitu mengajar. Mudah-mudahan dapat menginspirasi untuk kita semua. Kurang lebihnya mari kita diskusikan bersama di forum komentar. Salam PJOK

0 Response to "Pembelajaran Kontekstual - Pembelajaran PJOK dengan Kegiatan Perayaan Harlah Kemerdekaan RI 17 Agustus "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel