Pengertian Senam dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Senam adalah suatu cabang olahraga yang mana gerakannya melibatkan performa yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, keseimbangan, keserasian dan harmonis. Secara umum tujuan senam ini di laksanakan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, keluasan gerak, dan melatih koordinasi gerakan tubuh.
Gambar : Senam

Induk organisasi senam adalah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Senam merupakan cabang olahraga yang lumayan banyak digemari masyarakat modern ini. Apalagi dengan bertambahnya koleksi lagu-lagu baru yang telah di ciptakan oleh para musisi sehingga membuat atmosfer senam ini makin meriah san menyenangkan.

Hakekat senam pada dasarnya bukan hanya sebuah aktivitas yang dilaksanakan dengan mengikuti irama lagu atau musik. Melainkan beberapa aktivitas-aktivitas lain yang sesuai dengan definisi dari senam itu sendiri.

Berbicara tentang senam sangat erat kaitannya dengan kebugaran jasmani. Kedua hal tersebut memang memiliki keterkaitan secara substansif. Yang mana Senam jni bertujuan untuk kebugaran jasmani dan bilamana kita ingin berlatih afau meningkatkan kebugaran jasmani, mayoritas akan memilih cabang olahraga senam ini.

Induk oganisasi senam Dunia telah dibentuk pada tanggal 23 Juli 1881 yaitu FIG (Federation Internationale de Gymnastique) ketika perwakilan asosiasi senam dar Belgia, Prancis dan Belanda bertemu di Liege. Sebagai badan pengatur, asosiasi tersbut sangat terpercaya. Baik oleh para anggotanya dan klub-klub senam di segala penjuru benua.

Tahun 1897, 17 Asosiasi nasional bergabung membentuk apa yang menjadi dasar dari European Gymnastics Federation. tetapi ketika Amerika turut berkabung, asosiasi tersebut merubah namanya menjadi Federation Internationale de Gymnastique atau FIG hingga sekarang.

FIG terdiri dari tiga cabang olahraga Olimpiade : Senam artisitik, senam ritmik, dan senam atrampolin. Setiap cabang diatur oleh sebuah Technical Committee yang terdiri dari seorang presiden dan enam anggota. Komite ini bertaggung jawab untuk mengkoordinasi masing-masing cabang olahraga sengan spesifik dalam hal persyaratan teknis untuk kompetisi sebagaimana mereka saling terkait dengan masing-masing cabang.

A. Senam Artistik

Merupakan fusi dari keatletisan dengan keindahan. Mengkombinasikan antara kekuatan dan ketahanan dengan gaya dan keanggunan, manuver-manuver sulit telah dipertontonkan pada olimpiade selama seperempat abad terakhir.
Gambar : Senam artistik putri

Nadia Comeneci mendapatkan nilai sempurna, 10 pada Olimpiade Montreal 1976. Menurut para penggemar ilahraga senam saat itu, hal itu merupaan nilai sempurna pertama dan terbaik yang pernah diberikan. Pesenamberumur 14 tahun itu meraih nilai yang sebelumnya dianggap mustahil oleh sesorang untuk diraih. Sebanyak tujuh kali Olimpiade di Montreal. Papan nilai elektronik yang diatur hanya untuk menampilkan tiga digit angka saja, menampilkan nilai sempurna Comenici, 10.00 menjadi 1.00.

Olahraga senam memiliki sejarah yang sangat panjang hingga pada zaman Yunani kuno yang dimainkan pada Olimpiade kuno. Romawi kuno, Persia, India dan Cina tercatat telah memainkan permainan yang mirip, kebanyakan digunakan unutk melatih para pemuda sebelum berperang. Kata-kata yang digunakan pun beragam dan tidak mengacu pada kata Yunani, Gymnos yang berarti telanjang. Disaat itu para atlet yang memainkan permainan tersebut, tidak menggunakan kostum apapun.

Pada senam artistik (dengan alat), kelas yang dilombakan untuk kategori putra adalah senam lantai, kuda-kuda, gelang-gelang, palang sejajar dan horizontal. Untuk putri : palang rintang, palang seimbang dan senam lantai. Kompetisinya termasuk kategori-kategori all round dan tim, dinailai berdasarkan setiap aksinya pada nomor lomba tersebut.

B. Senam Ritmik

Gambar : Senam Ritmik dengan Bola
Gambar : Kejuaraan senam ritmik


Senam ritmik pertama kali menarik perhatian Federation Internationale de Gymnastique (FIG) pada pertengahan abad ke 20, dijuluki sebagai senam modern oleh para anggotanya.

C. Trampolin

Gambar : Logo trampolin

Sejak tanggal 1 Januari 1999, trampolin resmi sebagai kelas yang dilombakan pada cabang olahraga senam dalam Olimpiade. Pertama kali diikutsertakan pada Olimpiade Sydney 2000, menampilkan kelas perorangan putra dan putri. Melalaui Alexander Moskalenko dan Irina Karavaeva, Rusia membawa pulang dua medali emas untuk kelas trampolin terbuka perorangan putra da  putri. 

0 Response to "Pengertian Senam dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel