Pemanasan Permainan - Permainan Lorong Keselamatan (Untuk Materi Lompat jauh)

Pemanasan Permainan - Permainan Lorong Keselamatan (Untuk Materi Lompat jauh) - Pemanasan dalam olahraga terkadang membuat peserta didik kita akan merasa jenuh atau bosan. Beberapa inovasi pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru demi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa atletik merupakan induk dari seluruh cabang olahraga (The mother of sport). sehingga cabang olahraga ini harus senantiasa diberikan sebuah perlakuan khusus sehingga mindset peserta didik berkaitan dengan cabang olahraga ini akan selalu terjaga dengan baik. slaah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan inovasi pembelajaran dengan melaksanakan pemanasan permainan khususnya pada materi atletik.

Permanan ini menggunakan alat bantu berupa hulahop yang mana digunakan sebagai lorong tempat pemain menyelamatkan diri untuk berpindah tempat. dengan tata laksana permainannya yaitu sebagai berikut :

  1. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok, diupayakan jumlah setiap kelompok sama
  2. Setiap kelompok diberikan 2 buah hulahop untuk nantinya digunakan sebagai media dalam permainan lorong keselamatan
  3. Setiap kelompok berusaha untuk berpindah tempat pada daerah yang telah ditentukan yaitu berjarak 10 meter dari tempat asal/start
  4. Cara berpindah yaitu setiap peserta didik harus melompat kedalam hulahop yang telah dilempar di depan dengan salah satu membawa hulahoop yang satunya untuk selanjutnya digunakan untuk lompatan berikutnya.
  5. Setiap kelompok boleh menggunakan strategi masing-masing dimana satu hulahop boleh diisi lebih dari satu orang dengan prasyarat semuanya ada di dalam hulahop tersebut
  6. Setelah hulahop kedua terisi semua, maka salah satu anggota kelompok tersebut mengambil hulahop pertama untuk berikutnya diletakkan di depannya lagi sebagai tempat lompatan berikutnya sampai semua  anggota bagian dari kelompok tersebut sampai pada finish
  7. Setelah sampai finish salah satu anggota kelompok yang telah sampai finish tersebut kembali ke garis start dengan cara yang sama untuk menjemput anggota kelompoknya yang masih berada pada garis start tersebut.
  8. Kelompok yang paling cepat selesai maka kelompok tersebutlah yang dinyatakan menang, kelompok yang kalah melakukan lompat katak dari garis start menuju finish.
Lebih lengkap silakan amati gambar berikut : 
Keterangan : Seorang peserta didik sedang menaruh hulahoop sebagai media lorong keselamatan

Keterangan : Peserta didik yang keluar dari lingkaran dinyatakan gugur


Keterangan : Peserta didik berusaha untuk meraih lorong keselamatan


Keterangan : Peserta didik Sedang bersiap untuk melompat menuju lorong keselamatan 

Demikian contoh permainan pemanasan yang bisa diterapkan pada materi lompat jauh. Semoga bermanfaat untuk seluruh Guru PJOK di Indonesia. 


0 Response to "Pemanasan Permainan - Permainan Lorong Keselamatan (Untuk Materi Lompat jauh)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel