Contoh Permainan Pemanasan Untuk Materi Lompat Jauh - Lompat Estafet Mata Pelajaran PJOK

Contoh Permainan Pemanasan Untuk Materi Lompat Jauh - Mata Pelajaran PJOK ~ Lompat Jauh merupakan salah satu nomor lompat yang ada pada cabang olahraga Atletik. Nomor ini merupakan nomor lomba yang menuntut hasil dari lompatan yang terjauh. Maka dari itu sebuah persiapan berupa latihan-latihan harus senantiasa dilaksanakan khususnya bagi atlet yang menggeluti nomor cabang ini.
Gambar : Pembelajaran Lompat Jauh 

Postingan ini tidaka akan dibahas lebih jauh tentang apa hal-hal yang harus dipersiapkan. Kita kembali ke laptop dulu yaitu sesuai topik kita yaitu PJOK. Dalam Kompetensi Dasar Atletik di sekolah-sekolah, baik kurikulum 2004 maupun kurikulum 2013 pasti kita akan temui materi satu ini. Yaitu lompat Jauh.

Mengajarkan materi ini kita tidak bisa langsung serta merta masuk ke dalam materi langsung. Anak-anak langsung dihadapkan pada bak pasir untuk melakukan lompatan-lompatan pada bak pasir itu. Demikian ini merupakan konsep pembelajaran PJOK yang masih keliru dan patut kita luruskan.

Patut kita ingat bahwasannya pradigma penjas itu adalah gerak, gerak, dan gerak. Pokoknya anak-anak harus bergerak. Bergerak untuk belajar, bukan belajar untuk bergerak. Nah, disinilah fokus kajian kita  yaitu bagaimana ketika mengajar materi lompat jauh anak didik kita bisa bergerak dengan efisien.

Kata kunci yang utama pada materi lompat jauh adalah lompat. Anda tahu apa itu lompat? atau loncat? sama atau tidak? Tentunya adalah berbeda maka sebelum masuk ke materi kita harus tahu konsep dasar tersebut. Setelah kita tahu fokus yang dituju baru kita kembangkan.

Saya akan memberikan bentuk permainan pemanasan lompat yang mana sesuai dengan konsep gerak lompat jauh ini sendiri. Tentunya permainan ini dikemas dalam bentukpermaianan yang telah tersusun dengan sistematis, seru, dan menyenangkan. Nama permainannya adalah "Lompat Estafet".

Permainan ini menggunakan alat bantu berupa sebuah bola yang mana di lakukan estafet ke setiap kelompoknya untuk berikutnya melakukan lompatan. Setiap anggota kelompok pada permainan ini harus selalu konsentrasi karena permainan ini terjadi gerak yang berkesinambungan/ terus menerus. Untuk lebih jelasnya lagi tentang tata cara pelaksanaan permainan ini yaitu :

  1. peserta didik masih pada kelompok yang semula ketika bermain lorong keselamatan
  2. setiap kelompok di fasilitasi 1 bola (bola basket, bola voli, bola sepak, dll)
  3. setiap kelompok berbaris berbanjar dengan  bola dipegang oleh anggota kelompok yang paling depan.
  4. Setelah aba-aba mulai, peserta didik yang berada di depan tersebut memberikan bola ke anggota kelompoknya yang berdiri di belakang melalui diantara kakinya. Kemudian dilanjutkan anggota kelompok belakangnya lagi sampai pada paling belakang
  5. Ketika bola telah sampai pada anggota paling belakang, maka semua anggota kelompok tersebut kemudian tidur telungkup kecuali anggota kelompok yang berdiri di paling belakang dengan membawa bola
  6. Setelah semuanya terbaring, anggota kelompok yang membawa bola tersebut kemudian melompat melewati anggota kelompok didepannya itu sampai selesai
  7. Setelah sampai pada barisan paling depan kemudian seluruh anggota pada kelompok tersebut segera bangun untuk menerima bola dengan cara seperti pada awal permainan tersebut
  8. Permainan akan selesai apabila kelompok tersebut kembali pada posisi awal (komposisi/susunan anggota kelompok sebelum dan sesudah permainan sama)
  9. Kelompok yang paling cepat selesai maka kelompok tersebut yang menang, bagi kelompok yang paling terakhir selesainya mendapatkan hukuman yaitu lari memuatri anggota kelompok lainnya sambil bernyanyi.
Bagaimana? Menarik bukan untuk diterapkan kepada anak didik Anda? Permainan diatas dapat dikembangkan lagi agar lebih menarik. Kembali pada kondisi, situasi dan kreativitas kita masing-masing. Semoga bermanfaat. Salam PJOK. Jangan lupa tinggalkan komentarnya demi perbaikan tulisan ini. Terimakasih






0 Response to "Contoh Permainan Pemanasan Untuk Materi Lompat Jauh - Lompat Estafet Mata Pelajaran PJOK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel